Perbedaan Asma Dan Bronkitis, Apa Saja ? Cek Disini

Selamat datang di situs Spesialisherbal.net. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan tentang “Perbedaan Antara Asma Dan Bronkitis” Tanpa berlama – lama lagi, mari kita simak ulasan selengkapnya…

Perbedaan Antara Asma Dan Bronkitis

Perbedaan Antara Asma Dan Bronkitis – Asma dan bronkitis adalah dua jenis penyakit yang berkaitan dengan saluran pernapasan. Kedua penyakit ini sama membuat saluran udara menjadi meradang, yaitu membengkak sehingga udara sulit bergerak ke paru-paru. Sehingga lebih sedikit oksigen yang masuk.

Kekurangan oksigen pada akhirnya akan mengakibatkan gejala sesak napas, batuk dan rasa sesak di dada. Akan tetapi, tidak semua gejala asma merupakan gejala yang sama dengan bronkitis.

Sekilas Dasar Tentang Asma Dan Bronkitis.

Asma.

Asma adalah penyakit kronis jangka panjang dimana saluran napas mengalami penyempitan dan membengkak. Yang pada akhirnya, tubuh mengeluarkan lendir berlebih yang menyumbat saluran napas. Sehingga membuat Anda sulit bernapas, batuk, mengi dan sesak.

Para Ahli tidak mengetahui pasti penyebab asma. Namun, para Ahli berpendapat bahwa faktor keturunan dan lingkungan bisa menjadi salah satu penyebab dan pemicu asma.

Bronkitis.

Bronkitis adalah infeksi pada lapisan tabung bronkus. Infeksi ini mengakibatkan saluran napas mengalami peradangan. Menurut American College of Chest Physicians, kurang dari 10% kasus bronkitis disebabkan oleh infeksi bakteri.

Bronkitis terbagi menjadi dua golongan, yakni :

Bronkitis Akut.

Bronkitis akut adalah infeksi saluran pernapasan yang membatasi diri sendiri yang ditandai dengan peradangan saluran bronkus. Bronkitis akut berlangsung sekitar 10 hari dan akan kembali normal saat infeksi sembuh.

Bronkitis Kronis.

Bronkitis kronis yaitu infeksi saluran napas jangka panjang yang berlangsung selama berbulan-bulan atau lebih lama dan lebih parah dibandingkan dengan bronkitis akut. Bahkan, kondisi ini bisa mengakibatkan kerusakan saluran napas secara permanen. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Perbedaan Asma Dan Bronkitis.

Asma dan bronkitis pada dasarnya memiliki gejala yang hampir mirip. Hanya saja terdapat beberapa yang membedakan. Mengi, sesak napas, batuk, dan rasa sesak di dada merupakan gejala yang dirasakan oleh asma dan bronkitis.

Selain itu, ada beberapa gejala lain yang membedakannya antara lain :

Pada Asma

  • Serangan yang bersifat tiba-tiba dan terjadi karena adanya pemicu.
  • Gejala asma bisa datang dan pergi.
  • Gejala akan membaik jika diberi obat bronkodilator.
  • Lebih sering timbul suara mengi (napas berbunyi seperti siulan atau ngik-ngik).

Pada Bronkitis

  • Pilek.
  • Batuk terus menerus.
  • Demam rendah dengan suhu sekitar 37,7 sampai 38,8 derajat Celcius.
  • Badan terasa panas dingin (meriang).
  • Rasa pegal di seluruh tubuh.
  • Gejala bronkitis akan menetap selama infeksi masih berada di dalam tubuh.

Rekomendasi Pengobatan Asma Tepat

Bagi Anda yang menderita Asma atau masalah pada saluran pernapasan. Tidak perlu cemas lagi, karena kini telah hadir solusi herbal terbaik yang mampu mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada saluran pernapasan Anda terutama penyakit asma. Maka silahkan Anda kunjungi => Cara Jitu Mengobati Asma Pada Anak Dan Dewasa.

Semoga informasi dari kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Salam Sehat Keluarga Indonesia 🙂

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Perbedaan Asma Dan Bronkitis, Apa Saja ? Cek Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *