Perbedaan Antara Penyakit Asma Dan Pneumonia

Selamat datang di situs kesehatan Spesialisherbal.net. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang “Hubungan Antara Asma Dan Pneumonia” Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas selengkapnya di artikel ini…


Perbedaan Antara Penyakit Asma Dan Pneumonia

Perbedaan Antara Penyakit Asma Dan Pneumonia – Asma dan radang paru-paru atau dalam istilah medis disebut pneumonia adalah dua penyakit yang mempengaruhi paru-paru atau sistem pernafasan. Keduanya berbeda dan tidak satupun dari keduanya bisa menyebabkan yang lain.

Asma adalah penyakit kronis yang terjadi karena adanya penyemppitan dan pembengkakan pada saluran nafas. Sementara pneumonia sering merupakan infeksi paru akut. Ketika Anda terserang pneumonia, alveoli (kantung kecil di paru-paru) dipenuhi dengan nanah dan cairan dari infeksi bakteri atau virus, yang membuat pernapasan terasa menyakitkan dan membatasi asupan oksigen.

Terdapat hubungan dalam gejala asma dan pneumonia.

Asma dan pneumonia ini sering disertai batuk, kesulitan bernafas, gelisah, tidak enak badan dan terkadang muntah. Namun, pneumonia juga lebih mungkin disertai dengan nafas cepat, demam, menggigil dan kejang. Sementara Asma sering memiliki sesak napas, merasa kehabisan napas, terengah-engah, kesulitan bernapas keluar, sesak dada dan mengi.

Faktor risiko serupa dari kedua penyakit ini termasuk polusi udara, asap rokok, gizi buruk, berat badan lahir rendah dan tinggal di rumah-rumah yang padat.

Perbedaan Antara Penyakit Asma Dan Pneumonia

Namun pada artikel ini yang akan kita bahas adalah perbedaan penyakit asma dan pneumonia. Dan inilah perbedaan antara kedua penyakit ini :

Pada Asma.

  • Asma adalah penyakit pernapasan kronis dimana saluran udara atau tabung bronkus menjadi meradang, bengkak, menyempit dan menghasilkan lendir yang berlebih.
  • Disebabkan oleh pemicu khusus untuk tiap individu seperti serbuk sari, asap atau debu.
  • Gejala umum adalah sesak napas, ketegangan dada, batuk dan mengi.
  • Batuk asma biasanya batuk kering yang tidak produktif.
  • Suara nafas yang berbunyi (bunyi ngik) sering menjadi tanda utama asma.

Sedangkan Pneumonia.

  • Pneumonia merupakan infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau bahkan parasit.
  • Gejala umum termasuk batuk, demam, nyeri otot, kelelahan, menggigil dan sesak nafas.
  • Batuk pneumonia umumnya batuk produktif, sering dengan lendir kuning atau hijau.
  • Bunyi pernafasan juga berbeda dengan asma – Alih-alih mengi, dokter akan mendengar rales dan ronchi dengan stetoskop. Rales adalah suara retak, meletup-letup, sering terdengar hanya di satu sisi dada atau ketika pasien radang paru-paru berbaring. Rhonchi adalah suara gemuruh di dada yang mendakwa lendir di saluran napas.

Jika Anda atau keluarga Anda mengalami kesulitan bernapas atau batuk berkepanjangan, segerakunjungi dokter Anda untuk mendapatkan perawatan – Asma dan pneumonia keduanya bisa menjadi kondisi serius jika tidak segera ditangani.

Rekomendasi Pengobatan Asma Yang Tepat

Bagi Anda yang ingin terhindar dari kondisi berbahaya yang ditimbulkan dari penyakit asma, kini telah hadir solusi herbal terbaik yang mampu secara efektif mengatasi penyakit yang mempengaruhi saluran pernafasan Anda termasuk Asma. Anda pasti sudah tidak sabar bukan ingin tahu? Informasi selengkapnya bisa Anda lihat disini => Cara Jitu Mengobati Asma Pada Anak Dan Dewasa

Semoga informasi dari kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih

Salam Sehat Keluarga Indonesia 🙂

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Perbedaan Antara Penyakit Asma Dan Pneumonia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *