Penderita Asma Harus Rajin Berenang, Lalu Apa Manfaatnya?

Selamat datang di Spesialisherbal.net. Pusat informasi seputar kesehatan yang terpercaya dan informatif di Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “Manfaat Berenang Untuk Penderita Asma” Mari kita simak di artikel ini…

Penderita Asma Harus Rajin Berenang, Lalu Apa Manfaatnya?

Penderita Asma Harus Rajin Berenang, Lalu Apa Manfaatnya? – Asma merupakan penyakit jangka panjang yang terjadi pada saluran pernapasan, yang terjadi karena penyempitan dan peradangan pada saluran nafas. Dan pada saat terjadi kekambuhan pada penderia asma, maka harus mendapatkan penanganan yang tepat.

Di Indonesia sendiri pada tahun 2013, penderia asma mencapai 4,5% dari keseluruhan penduduk, Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Maka tak heran lagi, jika banyak orang mencari cara untuk membantu mengatasi penyakit saluran pernapasan ini.

Salah satu terapi alami untuk asma yang sangat dianjurkan adalah berenang, karena bisa memperkuat otot pernapasan pasien asma, mengurangi intensitas kekambuhan asma, meningkatkan kesehatan jantung serta meningkatkan kebugaran tubuh.

Baca juga : Metode Ini Dipercaya Ampuh Untuk Mengatasi Asma

Manfaat Berenang Untuk Penderita Asma

Selain dengan menghindari faktor pemicu, serangan asma bisa dikendalikan dengan rutin berolahraga. Olahraga air tersebut dapat membantu pasien asma untuk mengontrol tingkat keparahan gejala.

Kondisi itu terjadi dikarenakan kelembapan udara yang tinggi disekitar area kolam renang membuat saluran nafas pasien asma menjadi tidak kering, sehingga resiko terjadinya serangan asma menjadi lebih kecil. Tidak hanya itu, posisi tubuh saat berenang juga dapat membuat saluran pernapasan lebih tenang.

Berikut ini beberapa manfaat berenang untuk penderita asma :

  • Mengurangi frekuensi serangan asma.
  • Membantu mengurangi tingkat keparahan gejala asma.
  • Mengembalikan fungsi organ jantung dan paru ke tahap normal.
  • Membantu tubuh pasien asma untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih berat.

Pasien asma hendaknya menghindari kolam renang yang memiliki kandungan kaporit tinggi. Sebab, kaporit atau klorin untuk menjernihkan air. Tetapi dapat menyebabkan penyempitan paru-paru, dimana akan memicu terjadinya serangan asma.

Lalu, bagaimana menurut para peneliti?

Seperti yang dikutip dari situs Livestrong.com, beberapa ahli menunjukan bahwa renang secara teratur dapat memperbaiki fungsi paru untuk pasien asma. Udara yang dihirup saat renang dapat menurunkan keringnya saluran pernapasan yang bisa memicu asma kambuh.

Pasien asma disarankan untuk berenang di kolam renang dalam ruangan (indoor). Studi oleh Scientific World Journal, menyebutkan bahwa pasien asma yang renang di dalam ruangan selama enam bulan mengalami perbaikan fungsi paru-paru, jika di bandingkan dengan mereka yang tidak berenang sama sekali.

Penelitian pendukung oleh Cochrane Database of Systematic Reviews, mengemukakan bahwa efek dari latihan berbasis air untuk pasien asma tidak membahayakan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika pasien asma ingin menjadikan berenang sebagai olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur. Serta jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter guna memastikan kondisi kesehatan yang Anda miliki.

Baca juga : Cara Ini Dipercaya Ampuh Untuk Menyembuhkan Asma

Semoga informasi dari kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Penderita Asma Harus Rajin Berenang, Lalu Apa Manfaatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *