Close

Mengenal Lebih Dekat Gejala Impetigo Sesuai Jenisnya

Mengenal Lebih Dekat Gejala Dan Penyebab Impetigo –¬†Impetigo adalah infeksi kulit akibat bakteri yang menyebabkan luka dan lepuh. Ini paling umum dan mempengaruhi terutama anak-anak dan balita. Namun, bisa juga menyerang segala usia melalui kontak langsung dengan orang atau objek yang terinfeksi.

Impetigo yang mempengaruhi kulit yang sehat disebut impetigo primer. Dan jika infeksi adalah akibat dari kondisi kulit lain yang mendasarinya, seperti eksim atopik, itu disebut sebagai impetigo sekunder.

Penyebab & Faktor Risiko Impetigo

Baik streptococcus atau staphylococcus aureus menyebabkan impetigo. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka, terbakar, gigitan serangga atau bahkan kulit yang teriritasi.

Inilah sebabnya mengapa impetigo sering terlihat di sekitar hidung dan mulut anak-anak kecil setelah pilek, atau selama musim alergi.

Setiap orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau terganggu memiliki risiko lebih besar terkena impetigo daripada mereka yang memiliki sistem kekebalan yang kuat. Agar dapat melindungi secara efektif terhadap wabah impetigo, sangat penting untuk menjaga luka tetap bersih dan tertutup.

Impetigo juga sering menyerang pada anak-anak dengan rentan usia 2-5 tahun. Impetigo adalah penyakit menular dan menyebar dengan cepat.

Apa saja gejalanya?

Impetigo tidak menyebabkan gejala apapun hingga 4-10 hari setelah Anda terinfeksi. Ini bearti bahwa orang dapat dengan mudah menularkan infeksi kepada orang lain tanpa menyadarinya.

Ada dua jenis utama impetigo, yang dikenal sebagai impetigo non-bulosa dan bulosa, yang memiliki gejala berbeda. Kebanyakan orang yang menderita impetigo memiliki tipe non-bulosa.

Gejala impetigo non-bulosa dan bulosa dijelaskan di bawah ini :

1. Impetigo non-bulosa

Gejala impetigo non-bulosa dimulai dengan munculnya luka merah biasanya di sekitar hidung dan mulut tetapi area lain dari wajah dan anggota badan juga dapat terpengaruh.

Luka cepat pecah meninggalkan balik, kerak emas tebal biasanya sekitar 2 cm. Tampilan kerak ini terkadang disamakan dengan cornflakes yang menempel di kulit.

Setelah kulit kering, mereka meninggalkan bekas merah yang biasanya sembuh tanpa jaringan parut. Waktu yang diperlukan untuk menghilangkan kemerahan dapat bervariasi antara beberapa hari dan beberapa minggu.

Luka itu tidak menyakitkan, tetapi mungkin gatal. Penting untuk tidak menyentuh, atau menggaruk, luka karena ini dapat menyebarkan infeksi ke bagian lain dari tubuh Anda, dan kepada orang lain.

Gejala lain, seperti suhu tinggi (demam) dan kelenjar bengkak, jarang terjadi tetapi dapat terjadi pada kasus yang lebih parah.

2. Impetigo bulosa

Gejala impetigo bulosa dimulai dengan munculnya lepuh berisi cairan (bula) yang biasanya terjadi pada batang tubuh (bagian tengah tubuh antara pinggang dan leher) atau pada lengan dan kaki. Lepuh biasanya terjadi sekitar 1-2 cm.

Lepuh dapat dengan cepat menyebar, sebelum pecah setelah beberapa hari meninggalkan kerak kuning yang biasanya sembuh tanpa meningkalkan bekas luka.

Lepuh mungkin terasa sakit dan area kulit sekitarnya mungkin gatal. Seperti halnya impetigo non-bulosa, penting bagi Anda untuk tidak menyentuh atau menggaruk area kulit yang terkena.

Gejala demam dan kelenjar bengkak lebih sering terjadi pada kasus impetigo bulosa.


Kami berharap melalui informasi di atas bisa membantu Anda semua yang menderita penyakit impetigo lebih cekatan dalam melakukan pencegahan dini agar terhindar dari penyakit berbahaya ini.

Namun jika Anda sudah menderita penyakit impetigo dan berharap ada obat yang ampuh atasinya. Maka kami hadirkan solusi ampuhnya !!! Obat herbal impetigo dari QNC Jelly Gamat yang terbuat dari perpaduan bahan – bahan alami berkhasiat tinggi seperti Teripang emas dan Madu.

Informasi lebih lengkap bisa Anda klik disini => Cara Mengobati Impetigo Pada Anak dengan Bahan Alami

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Gejala Impetigo Sesuai Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *