Manfaat Luar Biasa Yang Tersembunyi Dari Mentimun Untuk Tubuh

Selamat datang di situs spesialisherbal.net. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan mengenai “manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh”. Let’s find out…


Manfaat Luar Biasa Yang Tersembunyi Dari Mentimun Untuk Tubuh

Mentimun ?

Yaa mentimun…. Mentimun menjadi salah satu tanaman yang hanya digunakan sebagai salah satu pelengkap dalam masakan oleh orang Indonesia. Mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui manfaat dari tanaman ini untuk kesehatan. Namun apabila mengetahuinya sungguh luar biasa baiknya manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh.

Mentimun secara ilmiah dikenal sebagai Cucumis sativus dan termasuk keluarga botani yang sama dengan melon (termasuk semangka dan melon) dan labu. Memiliki rasa yang ringan dan menyegarkan untuk tubuh, mentimun sebenarnya adalah 90% air yang dapat membantu Anda tetap terhidrasi.

Diketahui mentimun memiliki nutrisi yang melimpah, seperti : Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E (Alpha Tocopherol), Vitamin K, Thiamin, Riboflavin, Niasin, Vitamin B6, Folat, Vitamin B12, Asam pantotenat, Choline, Betaine, Mineral ( Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Sodium, Seng, Tembaga, Mangan, Selenium, dan Fluor.

Dalam satu penelitian, ekstrak mentimun disaring untuk tanda-tanda aktivitas radikal bebas dan analgesik, mengikuti jejak penggunaan tradisional. Tidak hanya menyediakan fitonutrien untuk kegiatan ini, sejumlah senyawa berharga lainnya juga ditemukan, termasuk glikosida, steroid, flavonoid, karbohidrat, terpenoid, dan tanin.

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam mentimun. Lalu, apa saja manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh?

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh

  • Membantu Tetap Terhidrasi.

Mentimun mengandung 95,2 persen air, yang berarti bahwa 5-ons porsi mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Itu sudah memenuhi asupan air harian Anda sekitar 26% dalam tubuh.

  • Mendukung Kesehatan Jantung.

Mentimun mengandung potasium ( 152mg per cangkir ), yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah tinjauan dari studi terbaik yang dilakukan pada asupan kalium menunjukkan bahwa asupan yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat stroke yang lebih rendah dan mungkin juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular total.

  • Perlindungan Untuk Otak.

Zat anti-inflamasi yang disebut fisetin dalam mentimun, dapat memberikan bantuan dalam melindungi kesehatan saraf otak. Baru-baru ini disarankan bahwa fisetin memainkan peran penting dalam kesehatan otak. Karena memiliki “kemampuan untuk mengurangi dampak penyakit neurologis terkait usia pada fungsi otak,” dan itu juga akan membantu menjaga fungsi kognitif pada orang dengan penyakit Alzheimer.

  • Meringankan Rasa Sakit.

Flavonoid yang merupakan zat anti-radang dan tanin dalam mentimun telah terbukti membatasi pelepasan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit.

  • Untuk Kesehatan Tulang.

Mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic, yang keduanya membantu memperkuat ligamen, kartilago, tendon, dan tulang. Ini juga mengandung silika, yang membantu dalam pembentukan jaringan ikat, yang membantu memperkuat tulang yang melemah.

Karena juga mengandung protein, magnesium , vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B1 , vitamin B2 , vitamin B6 , vitamin B5 , asam folat dan silikon – Anda dapat dengan mudah meningkatkan kesehatan tulang.

  • Kontrol Tekanan Darah.

Jumlah magnesium, serat, dan kalium yang kaya membuat ketimun berguna untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Ini juga membantu menurunkan tekanan di arteri dan membuat terhidrasi. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa mentimun dianjurkan untuk orang dengan hipertensi.

  • Anti Diabetes.

Studi telah menemukan itu efektif melawan diabetes, dan para ilmuwan medis merekomendasikan makan kulit mentimun, yang membantu mempertahankan tingkat gula darah yang memadai. Memakan kulitnya juga bisa mengurangi stres oksidatif.

Bukan hanya itu, hormon dalam mentimun membantu pankreas untuk memanfaatkan insulin yang mengubah karbohidrat menjadi energi.

  • Untuk Kesehatan Pencernaan.

Untuk menjaga kesehatan usus, Anda harus memasukkan makanan yang berserat dan mentimun adalah salah satu makanan tersebut. Sayuran ini juga mengandung enzim yang disebut sebagai “erepsin”, yang meningkatkan proses pencernaan dan membantu tubuh menyerap protein secara memadai.

Pektin dalam mentimun memfasilitasi flora normal usus. Yang dapat mengatur gerakan usus dan melunakkan tinja karena kandungan airnya yang tinggi, yang membantu mengobati sembelit, gastritis, ulkus dan banyak gangguan terkait perut lainnya.

  • Menghilangkan Bau Mulut.

Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri di mulut. Serat dan sayuran kaya air seperti mentimun dapat meningkatkan produksi air liur mulut, yang pada gilirannya membantu membersihkan bakteri yang menyebabkan bau di mulut. Sehingga mencegah komplikasi kesehatan mulut dan penyakit gusi.

  • Menurunkan Berat Badan.

Dr. Anju Sood, Ahli Gizi Berbasis di Bangalore mengatakan, “Jus mentimun adalah pusat kekuatan antioksidan dan karenanya meningkatkan metabolisme dan menghasilkan penurunan berat badan .”

  • Meningkatkan Kesehatan Mata.

Dr. Sinha berkata, “Jika Anda ingin meningkatkan penglihatan Anda, minum jus mentimun. Ini telah terbukti menjadi salah satu cara alami yang paling berguna untuk mengobati penglihatan menurut banyak penelitian.”

  • Meningkatkan Energi.

“Jus mentimun berhasil menawarkan nutrisi yang baik dan merupakan sumber vitamin B yang sangat baik. Kekurangan vitamin B sering mengakibatkan kelelahan dan konsentrasi yang buruk. Minum jus mentimun memastikan tubuh Anda diberi vitamin B dan merasa bersemangat, ”kata Dr. Manoj K. Ahuja, Fortis Hospitals.

Mentimun mengandung sejumlah besar nutrisi dan vitamin yang kuat, yang sangat penting untuk mendukung kesehatan fisik dan mental Anda secara keseluruhan.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Manfaat Luar Biasa Yang Tersembunyi Dari Mentimun Untuk Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *