Khasiat Madu Untuk Mengatasi Diare Pada Anak Dan Dewasa

Kembali lagi bersama kami para pembaca sekalian, di situs kesehatan Spesialisherbal.net. Pada kesempatan ini kami akan menerangkan tentang “Khasiat Madu Untuk Diare Pada Anak Dan Dewasa” Mari kita simak ulasan selengkapnya…

Khasiat Madu Untuk Mengatasi Diare Pada Anak Dan Dewasa

Khasiat Madu Untuk Mengatasi Diare Pada Anak Dan Dewasa – Diare atau dalam ilmu medis disebut Gastroenteritis merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan frekuensi buang air besar atau kelonggaran tinjau bahkan bisa juga terjadi kedua masalah itu bersamaan.

Diare terjadi karena adanya peningkatan sekresi cairan ke dalam usus, lalu berkurangnya penyerapan cairan dari usus atau lewatnya feses yang cepat melalui usus. Penyebab paling umum adalah terjadinya infeksi pada usus karena virus, bakteri dan parasit.

Kebanyakan kasus, diare berlangsung dalam beberapa hari. Namun, ketika diare berlangsung selama berminggu – minggu, itu dapat menunjukan gangguan serius seperti infeksi persisten, penyakit radang usus, atau sindrom iritasi usus.

Untuk itu diperlukan penanganan yang cepat agar terhindar dari akibat yang ditimbulkan masalah diare. Upaya yang bisa Anda ambil dalam pengobatan diare dengan menggunakan obat alami seperti dengan madu. Selain tidak ada efek samping, obat alami ini juga telah dipercaya efektif oleh para Ahli.

Manfaat Madu Untuk Mengatasi Diare

Madu adalah cairan manis yang dibuat oleh lebah menggunakan nektar dari bunga. Dalam penggunaannya untuk pengobatan madu telah digunakan selama ribuan tahun lalu, termasuk juga mengatasi keluhan pada usus seperti diare.

Madu memiliki gizi dan nutrisi yang tinggi, memiliki kadar monosakarida, fruktosa, dan glukosa yang tinggi, dan mengandung sekitar 70 hingga 80 persen gula, yang memberikan rasa manisnya.

Sifat antiseptik dan antibakteri dalam madu, menurut ilmu kedokteran modern telah berhasil menemukan kegunaan untuk madu dalam mengatasi luka kronis dan pemulihan cepat dari diare yang disebabkan karena infeksi bakteri.

Diare yang disebabkan karena bakteri yang melekat pada sel sel epital mukosa. Dapat diatasi oleh madu dengan menghalangi keterikatan bakteri patogenik ke sel usus, sehingga menurunkan risiko infeksi dan mencegah dari infeksi saluran pencernaan.

Ketika madu diminum dengan air untuk rehidrasi, madu membantu meningkatkan penyerapan potasium tanpa meningkatkan asupan natrium.

Madu juga memainkan peran kunci dalam memperbaiki mukosa usus yang rusak dengan merangsang pertumbuhan jaringan baru dan bekerja sebagai agen anti-inflamasi yang efektif.

Oleh karena itu, madu tidak hanya mencegah Anda dari infeksi bakteri pada saluran pencernaan tetapi juga membantu dalam pengobatan diare dan dehidrasi.

Hasil Studi Madu Untuk Atasi Diare

Menurut ulasan beberapa penelitian tentang madu, telah terbukti mengurangi keparahan dan durasi diare. Bukan hanya itu, madu dapat meningkatkan asupan kalium dan air, yang sangat membantu ketika mengalami diare.

Penelitian yang berlangsung di Lagos, Nigeria menunjukkan bahwa madu telah dipercaya memiliki kemampuan dalam memblokir tindakan patogen yang umumnya menyebabkan diare.

Itulah manfaat yang luar biasa dari madu dalam mengatasi diare yang bisa Anda coba di rumah. Semoga informasi dari kami bermanfaat. Salam sehat 🙂

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Khasiat Madu Untuk Mengatasi Diare Pada Anak Dan Dewasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *