Ciri – Ciri Penderita Penyakit Asma Pada Anak

Selamat datang kembali bersama kami di Spesialisherbal.net. Situs resmi yang akan memberikan informasi terlengkap seputar kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang “Ciri Ciri Penyakit Asma Pada Anak” Mari kita langsung saja simak selengkapnya…

Ciri – Ciri Penderita Penyakit Asma Pada Anak

Ciri – Ciri Penderita Penyakit Asma Pada Anak – Asma adalah salah satu penyakit kronis yang terjadi pada saluran udara yang mana bisa mengakibatkan penderitanya sulit bernafas. Menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

Asma pada anak – anak, paru paru dan saluran udara menjadi mudah meradang ketika terkena pemicu tertentu, seperti menghirup serbuk sari di udara atau infeksi pernapasan lainnya. Pada anak-anak asma menyerang dari kelompok usia 2-14 tahun.

Asma terjadi ketika tabung bronkus meradang yang mengakibatkan penyempitan saluran udara. Ketika saluran udara atau saluran bronkus menyempit, kondisi ini akan mencegah aliran udara bebas di saluran bronkial. Lapisan otot polos yang mengelilingi tabung bronkial diperketat dan menekan bronchioles kecil yang menyebabkan penyempitan saluran udara.

Dan ketika penyempitan saluran udara menghalangi aliran udara halus dimana orang merasakan sesak di dada, sesak nafas dan kesulitan bernafas.

Penyebab Asma Pada Anak

Hingga saat ini tidak ada yang tahu pasti apa penyebab dari penyakit asma ini. Namun para Ahli mengungkapkan ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan terjadi nya asma seperti : Zat-zat asing seperti bakteri, virus, bahan kimia, polutan, debu, serbuk sari, beberapa protein makanan yang disebut sebagai antigen atau alergen.

Pada orang yang menderita asma, sistem kekebalan tubuh sangat peka terhadap zat asing seperti bakteri, virus dan zat asing seperti bakteri, virus, protein asing yang berbeda, yang ketika muncul di sekitarnya mulai bereaksi secara tidak normal. Sehingga mengembangkan reaksi inflamasi di saluran udara dan mengembangkan gejala asma.

Tanda Dan Gejala Asma

Ciri ciri penyakit asma pada anak terbagi menjadi 2 golongan, antara lain :

Gejala Asma

  • Batuk.

Pada orang yang sehat batuk adalah langkah perlindungan dari sistem pernapasan untuk tidak mengizinkan masuknya zat luar ke paru-paru dengan membersihkannya keluar dari saluran udara.

Dalam kondisi asthmatik, jalan udara bengkak sehingga tubuh berpikir bahwa ada substansi luar yang menempel di atasnya. Semakin dia batuk, kejang yang lebih bronkial terjadi dan ketidaknyamanan dirasakan lebih banyak.

  • Suara mengi atau bersiul.

suara mengi atau suara siulan yang dihasilkan ketika jalan udara menyempit karena pembengkakan lapisan mukosa bagian dalam selain sekresi lendir di dalamnya dan dalam tabung sempit ketika udara dilewatkan itu menciptakan sura bersiul atau mengi.

  • Ketegangan dada.

Sesak dada sering terjadi pada penderita asma. Dalam kondisi asma seperti lapisan lendir bagian dalam bronkus meradang karena alergen yang menyebabkan rasa sesak di dada. Selain itu pengetatan otot polos di sekitar saluran udara juga menyebabkan sesak dada.

  • Sesak nafas.

Sesak nafas berarti kesulitan bernafas penuh. Sesak nafas adalah gejala umum dan utama asma. Penderita dapat mengekspresikan sesak napas atau mati lemas atau terengah-engah untuk mendeskripsikan sesak napas. Sesak nafas terjadi karena peradangan saluran udara dan pembatasan ruang untuk aliran udara bebas selama respirasi.

  • Kesulitan tidur.

Asma umumnya semakin memburuk pada malam hari karena pada malam hari udara tetap dingin dan tidak bisa menjadi hangat karenanya malam hari semakin buruk. Penyebab lainnya adalah postur berbaring itu sendiri tidak membuat paru-paru bernafas dengan nyaman. Penyebab lainnya adalah pada malam hari paparan alergen lebih banyak terjadi pada penderita asma yang mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Tanda Asma.

  • Bernapas cepat dengan retraksi dada.
  • Gerakan cepat dari lubang hidung.
  • Peningkatan detak jantung.
  • Kegelisahan.
  • Dada dan perut bergerak masuk dan keluar secara dalam dan cepat.
  • Ada sianosis dalam kasus kondisi asthmatic akut.

Komplikasi Asma Pada Anak

Asma dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, termasuk :

  • Serangan asma berat.
  • Penyempitan saluran udara yang permanen (saluran bronchial).
  • Tidak masuk sekolah atau tertinggal sekolah.
  • Tidur yang buruk dan kelelahan.
  • Gejala yang mengganggu bermain, olahraga atau kegiatan lainnya.

Rekomendasi Pengobatan Asma

Bagi Anda atau keluarga Anda ada yang terserang penyakit asma dan ingin segera mengatasinya, maka silahkan anda kunjungi => Cara Jitu Mengobati Asma Pada Anak Dan Dewasa

Semoga informasi dari kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih

Salam Sehat 🙂

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Ciri – Ciri Penderita Penyakit Asma Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *