Cara Mengendalikan Penyakit Asma Pada Ibu Hamil

Selamat datang di Spesialisherbal.net. Pusat informasi seputar kesehatan yang terpercaya dan informatif di Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “Cara Mengendalikan Asma Pada Ibu Hamil” Mari kita simak di artikel ini…

Cara Mengendalikan Penyakit Asma Pada Ibu Hamil

Cara Mengendalikan Penyakit Asma Pada Ibu Hamil – Asma merupakan salah satu penyakit jangka panjang yang biasa terjadi di saluran pernapasan. Asma terjadi ketika saluran bronkus mengalami penyempitan dan peradangan.

Gangguan pernapasan yang mengalami gangguan seperti pada penyakit asma ini, ditandai dengan keluhan sesak nafas yang disertai dengan mengi dan kesulitan bernapas. Asma bisa datang tanpa diperkirakan/tiba-tiba dan dapat menyerang siapa saja.

Asma adalah masalah kesehatan yang umum diderita oleh wanita hamil, meskipun bagi wanita yang belum pernah menderita asma sebelumnya.

Selama masa kehamilan, asma juga mampu mempengaruhi dan mengurangi oksigen yang didapat oleh janin. Meski demikian, ini tidak berarti memiliki asma akan membuat kehamilan lebih sulit atau berbahaya bagi ibu dan janin. Karena asma bisa dikendalikan dengan baik.

Baca juga : Cara Jitu Mengobati Asma Pada Anak Dan Dewasa

Penderita asma tidak memiliki sebelumnya.

Dikutip dari situs www.webmd.com, jika ibu tidak memiliki asma sebelumnya, namun menderita sesak napas atau mengi selama kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Karena asma yang tidak terkontrol atau terasa lebih ringan tersebut bisa memicu dua hal berikut :

  1. Tekanan darah tinggi selama kehamilan
  2. Preeklampsia, tekanan darah tinggi dan bisa mempengaruhi plasenta, ginjal, hati dan otak.

Sedangkan pada janin bisa mencakup : Pertumbuhan janin yang lambat atau Intrauterine growth retardation (IUGR). Hal ini membuat bayi lahir kecil. Selain itu kelahiran juga bisa berisiko prematur, berat bayi lahir rendah serta kematian perinatal.

Perawatan asma selama masa kehamilan

Wanita hamil mengendalikan asma hampir sama dengan wanita yang tidak hamil. Seperti semua pasien asma, ibu hamil perlu mengendalikan pencetus asma untuk mencegah serangan asma.

Asma dan alergi.

Banyak wanita hamil memiliki alergi seperti rhinitis yang bersamaan dengan asma. Mengobati alergi merupakan bagian penting dari manajemen asma. Bicaralah dengan dokter tentang penggunaan dekongestan yang diminum (dekongestan oral).

Sebuah ulasan penelitian hewan dan manusia tentang efek obat asma yang dikonsumsi selama kehamilan menemukan sedikit risiko pada wanita atau janinnya. Untuk itu, jangan pernah berhenti minum atau mengurangi obat-obatan asma Anda tanpa petunjuk dengan dokter.

Semoga informasi dari kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Cara Mengendalikan Penyakit Asma Pada Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *