Apakah Benar Asam Lambung Dapat Memperburuk Gejala Asma?

Selamat datang di Spesialisherbal.net. Situs resmi yang membahas seputar kesehatan dengan lengkap dan akurat. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang “Hubungan Antara Asma Dan Asam Lambung” Mari kita simak di artikel ini…


Apakah Benar Asam Lambung Dapat Memperburuk Gejala Asma?

Hubungan Antara Asma Dan Asam Lambung – Sepintas tidak ada hubungan antara asma dan asam lambung, karena gangguan asma terjadi di saluran nafas sedangkan asam lambung terjadi di saluran pencernaan. Akan tetapi pada banyak kasus, saat asam lambung naik ke kerongkongan kondisi itu akan memperburuk asma.

Meskipun penelitian telah menunjukkan hubungan antara asma dan asam lambung, hubungan pastinya belum diketahui. Namun, ada beberapa kemungkinan mengapa asam lambung dan asma dapat terjadi bersamaan.

Peningkatan asam lambung memang bisa menyebabkan nafas sesak. Ini dikarenakan saat Refluks atau naiknya asam lambung maka akan terjadi aliran balik ke esofagus. Kondisi ini akan mengakibatkan iritasi yang dapat menimbulkan sesak nafas pada penderita asma.

Secara umum, naiknya asam lambung bisa menyebabkan gejala asma dalam dua cara, seperti :

  1. Ketika asam lambung naik ke kerongkongan maka menciptakan reaksi berantai yang mengarah ke gejala asma. Asam lambung yang direfluksinya mengiritasi ujung saraf di dalam esopagus yang menghasilkan sinyal ke otak.
    Dengan demikian, otak akan merespon dengan impuls ke paru-paru yang merangsang produksi otot dan lendir di saluran napas. Saluran udara paru-paru kemudian menyempit, sehingga menghasilkan gejala asma.
  2. Pada beberapa kasus, dokter percaya bahwa isi perut yang direfluks masuk ke paru-paru secara langsung. Situasi ini disebut aspirasi. Bahan asing adalah bahan pengiritasi yang kuat untuk saluran udara, menciptakan mengi, batuk, sesak dada, dan gejala asma lainnya.

Selain itu, Seorang praktisi kesehatan AAAC di Minnesotta, Amerika Serikat. Debra Peterson mengungkapkan bahwa, beberapa dugaan berikut ini diyakini bisa menjelaskan tentang bagaimana hubungan asam lambung dan asma bisa terjadi bisa terjadi secara bersamaan :

  • Asma memburuk ketika asam lambung yang naik ke kerongkongan terhirup oleh paru-paru.
  • Refluks menyebabkan rongga dada menyempit sehingga menyebabkan sesak napas.
  • Asam lambung di kerongkongan akan merangsang saraf brocheolus (saluran napas di paru-paru) untuk terjadi penyempitan.
  • Tidak hanya itu, asma juga bisa memicu asam lambung naik karena obat-obat pelega saluran napas seperti teofilin dikenal memiliki efek samping yang dapat meningkatkan sekresi atau pengeluaran asam lambung.

Debra Peterson menambahkan, asma yang dipicu oleh asam lambung biasanya ditandai dengan kekambuhan saat pola makan tidak teratur, setelah minum alkohol dan saat berbaring.

Rekomendasi Pengobatan Asma Tepat

Bagi Anda yang ingin terhindar dari bahaya yang ditimbulkan asma sekaligus ingin mengatasi asam lambung secara bersamaan. Maka Anda tidak perlu cemas, kini telah hadir obat herbal asma yang paling ampuh dan mujarab aman tanpa efek samping. Informasi selengkapnya bisa Anda lihat disini => Cara Jitu Mengobati Asma Pada Anak Dan Dewasa

Semoga informasi dari kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih

Salam Sehat Keluarga Indonesia 🙂

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Apakah Benar Asam Lambung Dapat Memperburuk Gejala Asma?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *