Apa Saja Manfaat Madu Untuk Penderita Cacar Air?

Selamat datang di situs kesehatan spesialisherbal.net. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang “Manfaat Madu Bagi Penderita Cacar Air” Tanpa berlama – lama lagi, mari kita lihat informasi selengkapnya…

Manfaat Madu Untuk Penderita Cacar Air

Baiklah, sebelum kita membahas tentang manfaat madu untuk penderita cacar air. Alangkah baiknya jika kita mengenal tentang penyakit cacar air terlebih dahulu…

Manfaat Madu Bagi Penderita Cacar Air – Cacar air adalah salah satu penyakit yang paling tidak enak, yang biasanya lebih menyerang anak-anak. Namun tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh virus Varicella Zoster yang dapat mengakibatkan infeksi pada kulit.

Kondisi ini ditandai dengan terjadinya lecet seperti ruam di sekujur tubuh dan dilanjutkan dengan demam, nyeri, sakit kepala, sakit tenggorokan, atau bahkan sakit perut. Bagian terburuk dari penyakit yang menular ini adalah ruam kulit yang merah dan gatal yang menutupi seluruh tubuh.

Meski jarang terjadi, komplikasi cacar dapat mengakibatkan infeksi, peradangan, sepsis, masalah pernapasan, kesemutan, ruam berdarah dll. Serta melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Apa itu madu? Dan apa yang membuat madu memiliki manfaat dalam mengatasi cacar?

Kebanyakan variestas madu memiliki senyawa, hidrogen peroksida yang berkontribusi terhadap aktivitas antiseptik. Bukan hanya memiliki komponen lain selain hidrogen peroksida yang berkontribusi terhadap sifat anti-mikroba.

Salah satu senyawa penting adalah methylglyoxal yang mendukung aktivitas anti-bakteri dalam madu. Ada beberapa komponen tidak teridentifikasi lainnya dan flavonoid hadir dalam madu yang memberikan aktivitas anti-bakteri dalam menyembuhkan cacar.

Salah satu senyawa penting adalah methylglyoxal yang mendukung aktivitas anti-bakteri dalam madu. Ada beberapa komponen tidak teridentifikasi lainnya dan flavonoid hadir dalam madu yang memberikan aktivitas anti-bakteri dalam menyembuhkan cacar.

Madu dapat dianggap sebagai obat alami untuk cacar air karena memiliki manfaat, seperti :

  • Madu mengatasi virus cacar air.

Madu memiliki berbagai komponen seperti methylglyoxal, flavonoid dan hidrogen peroksida yang telah mendukung efek anti-mikroba dan mampu mengakhiri infeksi virus.

Pernyataan tersebut didukung oleh para Ahli, yang diterbitkan dalam Translational Biomedicine, 2012 yang menunjukkan efek anti-viral dari madu khusus terhadap virus varicella zoster.

Para peneliti menyimpulkan bahwa efek anti-viral ini adalah hasil dari tindakan osmotik non spesifik dari madu. Semakin tinggi konsentrasi madu menyebabkan berkurangnya ukuran plak virus.

  • Madu menyembuhkan ruam cacar air.

Madu sangat bermanfaat untuk gangguan terkait penyakit kulit. Sebuah penelitian pada manusia menyarankan bahwa aplikasi madu topikal lebih baik daripada krim anti-viral dalam mengobati lesi herpes. Madu mampu mempercepat proses penyembuhan, pembentukan kerak dan juga memperbaiki kerusakan yang diakibatkan cacar.

Demikian pula peneliti menyarankan bahwa madu, dapat berfungsi untuk menenangkan ruam cacar air dan mempercepat penyembuhan lepuhan.

  • Dapat mengurangi infeksi.

Menggaruk lecet dapat memburuknya kondisi dapat menyebabkan infeksi bakteri. Kandungan methylglyoxal madu membantunya mencapai efek anti-bakteri. Selain itu kehadiran antioksidan, hidrogen peroksida dan gula dalam madu membantu dalam mengakhiri infeksi.

Berbagai penelitian telah menunjukkan khasiat terapi madu untuk infeksi dan mencegah luka dari terinfeksi oleh bakteri. Madu juga dapat melindungi ruam cacar air dari infeksi yang berkembang dan menghindari komplikasi serius.

  • Anti-inflamasi alami.

Flavonoid yang ada dalam madu berfungsi sebagai antioksidan dan mengendalikan kerusakan oksidatif untuk mencegah peradangan berkembang. Sifat madu ini telah dipelajari dalam kaitannya dengan mengendalikan peradangan dalam penyembuhan luka.

Madu memiliki sifat anti-inflamasi intrinsik yang independen pada kehadiran antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa aplikasi topikal madu mengerahkan aktivitas anti-inflamasi dengan menghambat aksi asam arakidonat (pemain kunci dalam peradangan) dan mencegah infiltrasi sel kekebalan.

  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Madu dapat mengatur respons imun dan memiliki sifat imunomodulasi. Properti ini telah dipelajari kaitannya dalam melawan infeksi cacar air.

Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan konsentrasi sitokin yang disekresikan oleh sel imun seperti TNF-alpha, IL-1 beta dan IL-6. Ini penting dalam hal perbaikan jaringan.

Madu memiliki khasiat menstimulasi kekebalan tubuh. Komponen yang disebut Arabinogalactans dan apisimin berkontribusi terhadap sifat-sifat stimulasi kekebalan ini.

Diatas merupakan manfaat yang diberikan madu dalam membantu mengatasi penyakit cacar yang Anda derita. Semoga informasi dari bisa bermanfaat. Terima kasih

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Manfaat Madu Untuk Penderita Cacar Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *