Apa Perbedaan Penyakit Asma Dan TBC? Sekilas Sama Tapi Beda

Selamat datang sahabat di Spesialisherbal.net. Situs resmi yang akan memberikan informasi terlengkap seputar kesehatan. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang “Perbedaan Penyakit Asma Dan TBC” Tanpa menunggu lama, mari kita bahas lebih jelas…

Apa Perbedaan Penyakit Asma Dan TBC? Sekilas Sama Tapi Beda

Apa Perbedaan Penyakit Asma Dan TBC? – Asma dan Tuberkulosis (TB/TBC) adalah kedua penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan dimana kedua penyakit itu ditandai dengan adanya kerusakan pada organ paru paru.

Penyakit asma dan tuberkulosis memang menjadi penyakit yang umum di masyarakat indonesia. Keterbatasan pengetahuan tentang penyakit membuat masyarakat kurang waspada terhadapa gejala yang ditimbulkan. Sehingga penderitanya tidak mendapatkan penanganan dini.

Asma dan tuberkulosis (TBC) ialah penyakit yang sering salah paham. Dimana tidak jarang para dokter sering keliru dan bingung dalam mendiagnosa kedua penyakit ini. Hal ini karena penyakit asma dan tuberkulosis memiliki kemiripan gejala.

Gejala TBC dan asma yang hampir sama yakni sesak nafas, ketegangan dada dan batuk dalam jangka waktu yang lama / berkepanjangan.

Memahami Perbedaan Antara Asma Dan Tuberkulosis (TBC)

Banyaknya penyakit yang menyerang organ paru, membuat orang – orang berfikir sama setiap gangguan yang timbul, termasuk penyakit TBC dan Asma. Dan berikut adalah berbagai perbedaan antara Asma dan TBC yang harus diketahui :

  • Sesak napas

Pada penderita asma, sesak napas umum disertai dengan mengi(suara lirih yang muncul ketika bernapas seperti ngik-ngik). Kondisi ini muncul ketika Anda melakukan aktivitas yang berlebihan dan akibat terpapar pemicu asma seperti debu.

Pada orang TBC, keluhan sesak napas yang muncul merupakan proses penyakit TBC yang meningkatkan produksi lendir. Sehingga membuat saluran napas jadi menyempit dan merusak jaringan paru-paru.

  • Batuk

Pada Asma, batuk sering muncul pada malam hari atau pagi hari saat udara sedang dingin.

Orang dengan TBC, batuk terjadi secara terus menerus atau tidak kunjung berhenti. Penderita TBC bahkan bisa memuntahkan lendir hingga darah. Ini umumnya bisa berlangsung selama dua minggu atau lebih.

  • Perubahan berat badan.

Orang dengan asma, umumnya tidak menyebabkan penurunan berat badan drastis.

Sedangkan TBC, ada gejala penurunan berat badan drastis yang tidak bisa dijelaskan. Tetapi para ahli berpendapat jika penurunan berat badan ini terjadi karena pengaruh obat dan stress yang menyebabkan nafsu makan jadi menurun.

  • Organ tubuh terkena dampaknya.

Penyakit asma hanya menyerang organ paru. Asma tidak merusak paru secara langsung, melainkan hanya membuat saluran udara di paru membengkak karena reaksi alergi terhadap sesuatu. Akibatnya penderita susah bernapas.

Sedangkan TBC bisa menyerang paru-paru dan bagian organ lain di dalam tubuh. Jadi, tidak hanya jaringan paru saja yang diserang, tulang hingga otak pun bisa terinfeksi bakteri penyebab TBC.

Dalam upaya mencegah kedua penyakit ini, ikuti pola hidup dan pola makan yang sehat untuk mencegah terserang penyakit TBC. Untuk penderita asma, sebaiknya jaga kondisi tubuh jangan sampai terlalu lelah dan hindari faktor pencetus.

Rekomendasi Pengobatan Asma Tepat

Bagi Anda yang menderita Asma atau masalah pada saluran pernapasan. Tidak perlu cemas lagi, karena kini telah hadir solusi herbal terbaik yang mampu mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada saluran pernapasan Anda terutama penyakit asma. Maka silahkan Anda kunjungi => Cara Jitu Mengobati Asma Pada Anak Dan Dewasa.

Semoga informasi dari kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih

Salam Sehat keluarga Indonesia ­čÖé

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Apa Perbedaan Penyakit Asma Dan TBC? Sekilas Sama Tapi Beda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *