Adakah Hubungan Antara Penyakit Asma Dengan Jantung?

Selamat datang di Spesialisherbal.net, situs resmi yang akan memberikan informasi seputar kesehatan. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang “Hubungan Penyakit Asma Dengan Jantung” Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas pada artikel ini…

Adakah Hubungan Antara Penyakit Asma Dengan Jantung?

Hubungan Penyakit Asma Dengan Jantung – Penyakit Asma Dan Jantung memiliki gejala yang hampir mirip yakni ditandai dengan gejala sesak napas dan ketegangan pada dada. Banyak orang salah membedakan antara orang terkena sakit jantung atau asma.

Asma merupakan suatu penyakit kronis dimana terjadi pada saluran pernafasan yang tandai dengan adanya peradanagn dan penyempitan pada saluran nafas, sehingga mengakibatkan sulit bernafas. Penderita asma juga dapat mengalami gejala lainnya seperti nyeri dada dan mengi.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab asma. Namun para Ahli berpendapat bahwa asma sering dipicu oleh : debu, asap rokok, bulu binatang, aktivitas fisik yang berat, udara dingin, infeksi virus dan paparan zat kimia.

Ketika paru-paru teriritasi oleh pemicu itu, otot-otot saluran nafas secara otomatis akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Selain itu juga, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang menjadikan bernapas makin sulit.

Sedangkan penyakit jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Tumpukan kolesterol pada pembuluh darah serta proses peradangan diduga menjadi kondisi penyakit ini.

Ketika terjadi penumpukan kolesterol, pembuluh darah koroner akan menyempit sehingga aliran darah dan suplai oksigen menuju jantung pun terhambat. Kurangnya aliran darah ini akan menyebabkan rasa nyeri pada dada dan sesak napas, hingga suatu saat terjadi hambatan total pada aliran darah menuju jantung atau yang disebut juga dengan serangan jantung.

Penyakit asma dan jantung nampaknya menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat. Untuk membedakan orang dengan penyakit jantung atau asma memang cukup sulit. Sebab, gejala awal dari kedua penyakit itu hampir sama. Namun, secara umum dapat dibedakan menjadi beberapa hal.

Berikut ini adalah perbedaan antara orang sakit asma dan jantung, antara lain :

Pada Penyakit Asma.

  • Tidak ada bengkak tungkai.
  • Tekanan darah yang normal.
  • Terjadi wheezing (bunyi “ngik” saat bernafas/buang nafas).
  • Denyut nadi cenderung teratur.

Sesak napas, batuk, dan mengi merupakan gejala awal penderita asma. Hal tersebut diakibatkan adanya penyempitan dan sumbatan di pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada sehingga saluran udara menjadi terhambat.

Penyakit Jantung.

  • Bengkak pada tungkai.
  • Tekanan darah tidak stabil.
  • Bunyi nafas khas (hanya diketahui melalui pemeriksaan dokter).
  • Denyut jantung tidak teratur.

Seseorang yang sakit jantung tiba-tiba akan merasa sakit pada bagian dada dan belakang tulang dada sehingga merasa sesak nafas dan keluar keringat dingin. Nyeri yang diderita itu bisa berulang beberapa menit. Selain itu, orang sakit jantung akan sangat berkeringat pada malam hari.

Demikianlah hubungan antara penyakit asma dan jantung yang keduanya tidak bisa dianggap remeh.

Rekomendasi Pengobatan Asma Yang Tepat

Bagi Anda yang menderita asma! Sudah berobat, namun tak kunjung mendapatkan hasil yang diinginkan. Kini tidak perlu cemas lagi, karena telah hadir solusi terbaik yang mampu mengatasi asma tanpa kambuh dan terbukti ampuh. Pasti Anda ingin tahu kan? Informasi selengkapnya bisa Anda lihat disini => Cara Jitu Mengobati Asma Pada Anak Dan Dewasa

Semoga informasi dari kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih

Salam Sehat keluarga Indonesia 🙂

Post by Spesialis Herbal Indonesia

Adakah Hubungan Antara Penyakit Asma Dengan Jantung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *